Monday, November 2, 2015

Cara Membuat Karakter di LCD berjalan CVAVR

Membuat Karakter Berjalan Di LCD 2x16(CVAVR)







Kali ini saya akan memberikan tips atau koding untuk menggeser karakter pada lcd atau yang biasa disebut running text tapi ditampilkan pada lcd .
Saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang list koding yang telah saya buat .Pertama kita membuat karakter atau kalimat(string) yang akan ditampilkan di LCD .Setelah itu Kalimat tersebut kita simpan di variabel array untuk selanjutnya ditampilkan di LCD .

Programnya :

/*****************************************************
This program was produced by the
CodeWizardAVR V2.05.3 Standard
Automatic Program Generator
© Copyright 1998-2011 Pavel Haiduc, HP InfoTech s.r.l.
http://www.hpinfotech.com

Project :
Version :
Date    : 08/02/2015
Author  : Dimas Panji
Company : DIMAS TECHNOLOGY
Comments:


Chip type               : ATmega16
Program type            : Application
AVR Core Clock frequency: 11.005920 MHz
Memory model            : Small
External RAM size       : 0
Data Stack size         : 256
*****************************************************/
#include <mega16.h>
#include <delay.h>
#include <alcd.h>
#include <string.h>
char buffer_lcd[]="DIMAS TECHNOLOGY Created By : Dimas Arifin           ";
char lcd_number=16;
void tampilan()
{
unsigned int i,j,k;
unsigned int data_len=strlen(buffer_lcd);
lcd_clear();
for(i=lcd_number;i>=0;i--)
{
if(i>lcd_number)break;
lcd_gotoxy(i,0);
for(j=0;j<(lcd_number-i);j++)
{
lcd_putchar(buffer_lcd[j]);
}
delay_ms(400); //seting jeda geser karakter
}
k=0;
for(i=0;i<=data_len;i++)
{
k++;
lcd_gotoxy(0,0);
for(j=0;j<16;j++)
{
if(buffer_lcd[j+k]==NULL)
{
return;
}
lcd_putchar(buffer_lcd[j+k]);
}
delay_ms(400); // seting jeda geser karakter
}}
void main(void)
{
lcd_init(16);
while(1)
{
tampilan();
}
}


OK saya akan jelaskan listing program yang telah saya berikan ....
Pada list program diatas awalnya lcd dalam keadaan kosong alias tidak ada karakter atau kalimat.setelah itu tiap karakter akan muncul dengan cara menggeser ke kiri sampai kalimat habis .Setelah habis kemudian program akan diulang dari awal kembali .
Untuk jeda tiap geser karakter ke kiri tinggal atur delay diatas yaitu delay yang atas sama bawah pastikan juga delay nya sama yang atas sama bawah biar singkron nanti geser karakternya .Jeda diatas saya beri 400ms karena saya rasa cukup enggak kecepatan tapi bagi yang pengen kurang lambat tinggal tambahin aja delaynya buat jadi 500ms atau lebih nanti akan terlihat geser karakternya.
Program diatas prinsip nya sederhana seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa kalimat yang sudah saya buat saya simpan di variabel array kemudian array tersebut saya simpan di register Strlen yaitu register yang sudah disediakan oleh library #include <alcd.h> kemudian saya buat logikanya buat perpindahan geser text atau kalimatnya kemudian beri perintah NULL (karakter kosong) untuk pembanding ..



OK,Semoga program diatas bermanfaat Terima Kasih ........

Bagikan

Cara Membuat Karakter di LCD berjalan CVAVR
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.